Rabu, 24 April 2013

FILE SERVICE


Contoh File System

·         NFS (Network File System)
Network File System (NFS) merupakan sebuah protokol yang dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1984 dan NFS didefinisikan dalam RFC 1094, 1813 dan 3530 sebagai “DFS” yang mengijikan sebuah komputer untuk mengakses file melalui network serasa akses file di disk local. NFS merupakan protokol yang sangat mendukung dalam pengaplikasian suatu file system yang terdistribusi.

Tujuan dari NFS adalah untuk memungkinkan terjadinya pertukaran sistem berkas secara transparan antara mesin-mesin bebas tersebut. Hubungan yang terjadi di sini didasarkan pada hubungan client-server yang menggunakan perangkat lunak NFS server dan NFS client yang berjalan diatas workstation.

NFS didesain agar dapat beroperasi di lingkungan ataupun jaringan yang heterogen yang meliputi mesin, platform, sistem operasi, dan arsitektur jaringan. Ketidaktergantungan ini didapat dari penggunaan RPC primitif yang dibangun diatas protokol External Data Representation (XDR).

Jika misalnya terjadi sebuah pertukaran sistem berkas antara server dan client , maka pertukaran sistem berkas yang terjadi disini harus dipastikan hanya berpengaruh pada tingkat client dan tidak mempengaruhi sisi server , karena server dan client adalah mesin yang berbeda dan sama-sama bebas. Untuk itu, mesin client harus melakukan operasi mount terlebih dahulu agar remote directory dapat diakses secara transparan.

Protokol NFS

NFS umumnya menggunakan protokol Remote Procedure Call (RPC) yang berjalan di atas UDP dan membuka port UDP dengan port number 2049 untuk komunikasi antara client dan server di dalam jaringan. Client NFS selanjutnya akan mengimpor sistem berkas remote dari server NFS, sementara server NFS mengekspor sistem berkas lokal kepada client.

Mesin-mesin yang menjalankan perangkat lunak NFS client dapat saling berhubungan dengan perangkat lunak NFS server untuk melakukan perintah operasi tertentu dengan menggunakan request RPC. Adapun operasi-operasi yang didukung oleh NFS adalah sebagai berikut:

  1. Mencari berkas di dalam direktori.
  2. Membaca kumpulan direktori.
  3. Memanipulasi link dan direktori.
  4. Mengakses atribut berkas.
  5. Membaca dan menulis berkas.

Perlu diketahui bahwa server NFS bersifat stateless , yang artinya setiap request harus mengandung argumen yang penuh dan jelas sebab server NFS tidak menyimpan sejarah informasi request . Data yang dimodifikasi harus di commit ke server sebelum hasilnya di kembalikan ke client . NFS protokol tidak menyediakan mekanisme concurrency-control.

Beberapa manfaat NFS diantaranya ialah 
-          Lokal workstations menggunakan ruang disk lebih kecil

-          Pemakai tidak harus membagi direktori home pada setiap mesin di jaringan – Direktori home dapat di set up pada NFS server dan tersedia melalui jaringan
-          Device penyimpanan seperti floppy disk, CDROM drives, dll dapat digunakan oleh mesin lainnya


Kerugian /Kelemahan NFS 
-          Desain awal hanya untuk jaringan yang lokal dan tertutup – Security
-          Congestion (Traffic yang tinggi bisa menyebabkan akses lambat) 

Materi sebelumnya dapat dilihat di:
ke 1 Bobby Dwi 
ke 2 Bundan Karimdijaya http://kerendijawa.blogspot.com/2013/04/agent-pada-sistem-terdistribusi.html
ke 3, Damar Sekarjaya http://technotsuck.blogspot.com/2013/04/klasifikasi-software-agent.html
ke 4, Elvin Eka Aprilian http://fakeworldofus.blogspot.com/2013/04/agent-pada-sistem-terdistribusi.html
ke 5, Hadi Saputra http://hadisaputra3.blogspot.com/2013/04/agent-pada-sistem-distribusi.html





Rabu, 10 April 2013

AGENT PADA SISTEM TERDISTRIBUSI


6. Riset dan Aplikasi Software Agent di Dunia Internet dan Bisnis
Seperti sudah disebutkan diatas, boleh dikatakan teknologi agent paling banyak diaplikasikan dalam dunia Internet dan bisnis ini. Bagaimanapun juga ini tak lepas dari maju dan berkembang pesatnya teknologi jaringan komputer yang membuat perlunya paradigma baru untuk menangani masalah kolaborasi, koordinasi dalam jarak yang jauh, dan salah satu yang penting lagi adalah menangani kendala membengkaknya informasi.

1. Information Management: Ada dua tema besar dalam manajemen informasi dan peran teknologi agent untuk mengatasi masalah information overload karena perkembangan teknologi jaringan dan Internet.
· Information Filtering: Proyek MAXIMS, kemudian WARREN adalah contoh aplikasi di bidang nformation filtering.

· Information Gathering: Banyak sekali aplikasi yang masuk area information gathering baik gratis maupun komersil. Contohnya adalah proyek WEBMATE, pencarian homepage dengan softbot, proyek LETIZIA, dsb.

2. Electronic Commerce: Tema riset kearah desain dan implementasi untuk mengotomatisasi jual-beli, termasuk didalamnya adalah implementasi strategi dan interaksi dalam jual-beli, tawar-menawar, teknik pembayaran, dsb. merealisasikan sistem pasar elektronik dalam sistem yang disebut dengan KASBAH. Dalam sistem ini disimulasikan buyer agent dan seller agent yang melakukan transaksi jual-beli, tawar-menawar, dan masing-masing agent mempunyai strategi jual beli untuk mendapatkan yang termurah atau teruntung. Aplikasi agent lainnya adalah BargainFinder, JANGO, MAGMA, dsb.

3. Distributed Project Management: Untuk meningkatkan produktivitas dalam kerja yang memerlukan kolaborasi antar anggota tim dalam kerangka teamwork, mau tidak mau harus dipikirkan kembali model software yang mempunyai karakteristik bisa melakukan kolaborasi dan koordinasi secara mandiri, untuk membantu tiap anggota dalam melakukan tugas yang menjadi tanggung jawabnya. Salah satu approach adalah dengan mengimplemantasikan teknologi agent dalam software sistem yang dipakai untuk berkolaborasi. Anumba memberikan kontribusi dalam pengembangan decision support system untuk designer dalam mendesain bangunan dalam kerangka teamwork. Riset dan aplikasi lain adalah RAPPID, PROCESSLINK, dan juga OOEXPERT yang memberikan solusi dan metodologi dalam pemecahan masalah object model creation process dalam OOAD, dan implementasi dengan menggunakan pendekatan Multi Agent System (MAS).

6.1. Riset dan Aplikasi Software Agent di Dunia Entertainment
Komunitas informatika dan ilmu komputer sering tidak menjamah dengan serius industri-industri yang bersifat lebih ke arah rekreasi dan kesenangan (Leisure Industri). Misalnya adalah masalah industri game, teater dan sinema, dsb. Dengan adanya software agent, memungkinkan komunitas informatika dan komputer untuk ikut andil merealisasikan pemikirannya.

Games: Software agent berperan penting dalam pengembangan game modern, misalnya dengan membawa paradigma agent kedalam karakter manusia atau sesuatu dalam game tersebut sehingga lebih hidup. Beberapa riset yang sudah sampai pada tahap implementasi adalah misalnya aplikasi game yang dikembangkan oleh Grand dan Cliff, kemudian juga, dsb.
Interactive Theatre and Cinema

6.2. Riset dan Aplikasi Software Agent di Dunia Medis
Dunia medis adalah bidang yang akhir-akhir ini sangat gencar dilakukan komputerisasi terhadapnya. Tidak ketinggalan, teknologi agent pun dicoba untuk diimplementasikan dalam rangka mencoba mengatasi masalah-masalah yang berhubungan dengan monitoring pasien, manajemen kesehatan dari pasien, dsb.

6.3. Riset dan Aplikasi Software Agent di Dunia Pendidikan
Dengan perkembangan teknologi jaringan komputer, dunia pendidikan pun salah satu yang merasakan manfaatnya. Sistem pengajaran pun mengalami perkembangan kearah lebih modern dengan memanfaatkan teknologi jaringan.

Senin, 08 April 2013

PENGUJIAN TRACEROUTE DI CMD


Traceroute adalah perintah untuk menunjukkan rute yang dilewati paket untuk mencapai tujuan. Ini dilakukan dengan  pesan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request Ke tujuan dengan nilai Time to Live yang semakin meningkat. Rute yang ditampilkan adalah daftar interface router (yang paling dekat dengan host) yang terdapat pada jalur antara host dan tujuan.

Berikut adalah percobaan yang saya lakukan, menggunakan modem wifi dengan koneksi internet Speedy dan akan melakukan traceroute ke alamat www.kaskus.co.id.
Pertama-tama buka CMD pada windows lalu ketikkan tracert nama_domain, dapat dilihat seperti gambar di bawah ini.


Langkah berikutnya yaitu, mencari identitas atau informasi dari masing-masing ip yang tampil di gambar cmd diatas. Disini saya menggunakan website http://whatismyipaddress.com untuk mengetahui informasi dari IP yang muncul saat di traceroute. Untuk urutan pertama 192.168.1.1 merupakan privat ip address, sedangkan untuk urutan ke 2,3 dan ke 4 yaitu untuk IP 36.70.24.1 & 180.252.1.165 & 61.94.114.105 merupakan ip address dari telkom speedy.

Urutan ke 5, dengan IP address  218.100.27.29 dapat dilihat ip informationnya.

 Urutan ke 6, dengan IP address 218.100.27.129

Urutan ke 7, dengan IP address 218.100.36.36  

Urutan ke 8, dengan IP address 210.210.161.177
Urutan ke 9, dengan IP address 210.210.161.8


Urutan ke 10, dengan IP address 202.158.17.149
Untuk membandingkan hasil tracert ke www.kaskus.co.id menggunakan koneksi internet yang lain dapat di lihat pada link berikut :
1.http://kerendijawa.blogspot.com/2013/04/pengujian-tracerout-di-cmd.html(menngunakan operator flexi)
2.http://hadisaputra3.blogspot.com/2013/04/pengujian-traceroute-di-cmd-tracert.html(menggunakan operator axis)
3.http://bobykelompok1.blogspot.com/(menggunakan fastnet)
4.http://technotsuck.blogspot.com/2013/04/where-is-route-to-kaskuscoid-from-xl-isp.html(menggunakan operator xl)
5.http://fakeworldofus.blogspot.com/2013/04/penggunaan-traceroute-di-cmd.html(menggunakan operator 3)





COMPUTER IN MODERN LIFE


Komputer berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminologi komputer.
∞ Menurut Hamacher , komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
∞ Menurut Blissmer , komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut: - menerima input - memproses input tadi sesuai dengan programnya - menyimpan perintah dan hasil dari pengolahan - menyediakan output dalam bentuk informasi
∞ Sedangkan Fuori , berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data agar menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer (computer system) yang elemennya terdiri darihardwaresoftware dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpasoftware, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tiada bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
1. Perangkat Keras (Hardware)   : Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
2. Perangkat Lunak (Software)   : Program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
3. Brainware   : Panusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer.

Berdasarkan Generasinya
1. Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang)
5. Komputer Generasi Kelima

Penerapan Komputer
Di Bidang Teknik dan Imu Pengetahuan
∞Komputer digunakan untuk pengolahan data pada aplikasi teknik karena kecepatan dan ketepatannya.
∞Komputer memudahkan menyelesaikan perhitungan2 yang sulit dan rumit dalam waktu yang cepat.
∞Penerapan komputer juga memudahkan dalam penelitian dan riset pengembangan yang berbahaya jika dilakukan oleh manusia dan yg membutuhkan biaya yang besar dengan bantuan simulasi komputer.

Contoh penerapan dalam bidang teknik dan ilmu pengetahuan :
§  Para ahli nuklir dapat membuat model rekator nuklir pd layer komputer tdk perlu membuat model sebenarnya (menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir).
§  Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul.
§  Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah serta countour dari suatu daerah.
§  Para ahli perancangan bentuk misalnya perancangan tata ruang, mobil,arsitektur bangunan / rumah, menggunakan aplikasi dari computer aided design (CAD), program software yg sering digunakan adalah AUTOCAD.
§  Perjalanan ke ruang angkasa yg memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yg ada dalam pesawat.
§  Untuk melakukan pengolahan data penelitian, khususnya analisis data statistik, aplikasi komputer pengolahan data memudahkan para peneliti /pengguna.

Di Bidang Bisnis
∞       Kegunaan komputer pada bidang bisnis adalah unuk menyediakan informasi dengan cepat dan tepat, informasi ini sangat berguna baik dalam pengambilan keputusan maupun komunikasi dalam suatu bisnis.
∞       Informasi yang beraneka ragam harus tepat pada waktunya dan harus tepat hasilnya untuk disampaikan ke para penggunanya, untuk itulah dibutuhkan alat pengolah data yang dapat menyediakan informasi tersebut.
∞       Penyajian informasi yang cepat dan tepat telah menyebabkan penyajian informasi untuk pihak manajemen menjadi penting sehingga lahirlah system informasi manajemen (management information system).
∞       Management Information System (MIS) merupakan system informasi yang sekarang banyak diterapkan pada perusahaan-perusahaan / lembaga-lembaga untuk menyediakan informasi yang diperlukan oleh semua tingkat manajemen.

Di Bidang Industri
∞       Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industru lebih efisien dan lebih efektif.
∞       Dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces).
∞       Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan
∞       Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi.

Di Bidang Perbankan
∞       Kegunaan komputer di bidang perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank.
∞       Saat ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online dapat diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam melakukan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING.

Di Bidang Pendidikan
∞       Kegunaan komputer di bidang pendidikan adalah untuk membantu proses belajar mengajar.
∞       Untuk membantu proses belajar di dunia pendidikan adalah digunakannya komputer dalam mengajar maupun paket aplikasi komputer dalam membantu dalam proses belajar.
∞       Paket-paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll.
∞       Adanya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh.

Di Bidang Kedokteran
∞       Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat.
∞       Komputer memudahkan dalam menganalisa organ- organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat.
∞       Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan utk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.
∞       DSR (Dynamic Spatial Reconstructor) digunakan untuk organ tubuh yang bergerak.
∞       SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) yang mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar. SPECT mempergunakan isotop radioaktif.
∞       PET (Position Emision Tomography) juga merupakan sistme komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isitop radiokatif.
∞       NMR (Nuclear Magnetic Resonance). NMR bekerja dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hdirogen, digunakan untuk mendeteksi kanker.

Di Bidang Penerbangan
∞       Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket.
∞       Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat.

Di Bidang Kriminalitas
∞       Digunakan untuk menghasilkan statistik kriminalitas di suatu daerah sehingga dapat membantu pengaturan patroli yang diperlukan.
∞       Program komputer canggih yg telah dikembangkan adalah Crime Analysis Support System yang dapat mengidentifikasi daerah yang kemungkinan akan terjadi kriminalitas.
∞       Penggunaan komputer juga dapat digunakan untuk melakukan pengawasan / patroli terhadap pengaturan lalu lintas.
∞       Sistem komputer lainnya yang digunakan dalam bidang krimnalitas adalah :
·         PROMIS (Prosecutor-Offender Management Information System) yang dikembangkan Institut of Lawa and Social Research di Washinghton, yang dapat memberikan informasi mengenai masalah krimnalitas mana yg paling penting dan dapat memberikan informasi mengenai bukti-bukti tertuduh untuk dibawa ke pengadilan
·         CATCH (Computer Assisted Terminal Criminal Hunt), digunakan di Kota New York yg menyediakan informasi mengenai deskripsi secara mendetail dari orang- orang yang dicurigai dan akan ditampilkan di layar komputer.
·         MOTION (Metropolitan Orlean Total Information Online Network) yg digunakan untuk informasi sekitar 150.000 orang yg mempunyai latar belakang kriminalitas, meliputi sidik jari, nama samaran dan data mendetail lainnya.
·         ARJIS (Automated Regional Justice Information System) yg digunakan di San Diego utk menyediakan informasi mengenai sidik jari dan tingkah laku dari para pelaku krimalitas.

Di Bidang Dunia Hiburan
∞       Penggunaan komputer di dunia hiburan memudahkan dalam penyajian informasi.
∞       Dalam dunia pertelivisian dan perfilman, komputer digunakan dalam pembuatan film-film yang memerlukan animasi khusus, misalnya film kartun maupun yang memerlukan efek-efek khusus.
∞       Paket-paket aplikasi untuk animasi dan efek merupakan program- program yang sering digunakan dalam pembuatan animasi dan efek- efek tersebut
∞       Dalam bidang permainan, penggunaan komputer digunakan untuk mengisi waktu senggang dengan program-program permainan (game) yang bermacam-macam. Saat ini program- program permainan game telah dibuat dan banyak ditemui di pasaran dengan berbagai permainan.

Referensi:
1.http://blog.unsri.ac.id/lianaeLina/tugas-makalah/komputer-dan-penerapannya/mrdetail/49363(tanggal akses 8 April 2013)
2.http://id.wikipedia.org/wiki/Komputer(tanggal akses 8 April 2013)